Posted by : me Saturday, May 25, 2013

Real Bisnis Online untuk Indonesia

Mengapa pelaku Bisnis Online Indonesia lebih banyak gagal?
Bisnis Online seperti apa yang pantas dan baik untuk dipilih?. 
Kiat apa yang perlu dijalankan untuk berhasil? 
=========================================================
Bisnis Online di Internet separoh diantaranya adalah benar, terbukti dengan banyaknya perusahaan besar dan sukses tetap menggunakan internet sebagai sarana penunjang bisnisnya. Sementara separoh yang lainnya adalah gabungan antara penipuan, spamming, akal-akalan dan sarana penunjang bisnis yang sesungguhnya. 
Bisnis Online yang real tetap memerlukan modal yang besarnya bervariasi tergantung besar dan model bisnisnya. Bentuk modal bisa berupa uang, barang, waktu atau kesempatan, atau gabungannya. 

Bisnis online yang bisa diakses di Indonesia biasanya masuk pada kategori yang terakhir yakni bisnis ysng sebenarnya hanya penunjang bisnis yang sesungguhnya pada level premium, atau berbayar. Member baru diminta untuk membayar atau membeli system. System ini kemudian diperjual belikan lagi menjadi seakan-akan sebuah bisnis. Bisnis semacam ini biasanya hanya berhasil diawal-awal saja, pada tahap berikutnya sulit berkembang karena bisnis ini sebenarnya bukan ditujukan kepada para pengguna internet di Indonesia.

Kenyataannya, Indonesia memang jarang diberi kesempatan untuk ikut dalam bisnis online dunia karena anggapan dunia bahwa Indonesia kurang memiliki kelonggaran hubungan dengan negara barat sebagai asal bisnis tersebut serta adanya regulasi bahwa kartu kredit Indonesia banyak yang tidak berlaku di luar negeri dan tidak diijinkan menerima pembayaranDalam bisnis online penggunaan kartu kredit memang bagian yang tidak terpisahkan sebagai alat pembayaran maupun alat penerima pembayaran. Memang saat ini banyak sistem pembayaran yang bisa menggantikan kartu kredit, seperti Paypal, Egold, Liberty Reserve, AlertPay dsb. Tetapi alat pembayaran inipun biasanya memerlukan verifikasi kartu kredit juga. Elektronik Check juga belum berlaku secara umum di Indonesia. Bank-bank Indonesiapun belum banyak yang diakui dalam bisnis dunia. Sistem pembayaran dan penerimaan pembayaran ini menjadi pertimbangan utama dalam memilih bisnis online yang ada. Bisnis Online yang memberikan kemungkinan bisa berlaku lancarnya sistem pembayaran dari member Indonesia menjadi pertimbangan utama awal sebelum bergabung. 

Hal utama lain yang perlu dipertimbangkan untuk bergabung dengan sebuah bisnis online adalah, siapa penyelenggara bisnis tersebut. Hal ini sangat penting karena bila kita sulit mencari informasi tentang sipenyelenggara utama bisnis tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa bisnis itu hanyalah sebuah media untuk bisnis sesungguhnya yang lain. Sebagai contoh bisnis online model Pay to Click ( PTC), Pay to Read, Payd Survey dan sejenisnya, yang menawarkan mendapatkan pembayaran yang mudah hanya dengan modal mengklik seperti itu, sesungguhnya hanyalah alat bisnis yang lain. Member yang bergabung dan kemudian mengklik atau melihat sebuah iklan atau website, sesungguhnya hanyalah untuk mendapatkan trafik atau pengunjung oleh penyelenggara bisnis tersebut. Data jumlah pengklik atau pengunjung ini selanjutnya akan dipakai sebagi dasar menjual trafik kepada perusahan pemasang iklan. Pencairan bisnis seperti ini biasanya dibatasi pada jumlah minimal tertentu. Halaman web yang harus dikunjungi atau di klik oleh member ini disuplai oleh penyelenggara. Jumlah minimal pembayaran biasanya berkisar antara 500 sampai 1000 klik. Pada saat akan mencapai jumlah minimal tersebut,penyelenggara bisnis seperti ini akan menghentikan suplai halaman untuk dikunjungi, sehingga member sulit sekali mencapai jumlah minimal yang bisa dicairkan, selanjutnya website penyelenggara menghilang berganti yang lain. Bisnis online yang lain yang banyak bertebaran di Indonesia adalah Reseller Penjualan system dan E-book. Member baru dijanjikan mendapat uang melimpah dengan membeli sistem bisnis yang ditawarkan berupa E-book (elektronik book). Selanjutnya member tersebut dapat menjualnya kembali, terus berulang yang mirip dengan arisan. Bisnis inipun juga akhirnya akan gagal dan menghilang kemudian, karena memang tidak ada bisnis yang riil didalamnya. Bisnisnya hanya mengumpulkan pembayaran dari para anggota baru.

Salah satu cara memilih bisnis online yang baik cukup gampang. Yakni dengan melihat website bisnis tersebut. Sebuah bisnis online yang isi websitenya sederhana, dan tidak memiliki tool bisnis yang lengkap dan komplit, komunikasi dengan sistem manajemen provider penyelenggara bisnis tidak ada, tidak adanya organisasi dan kantor pusat yang jelas sudah pasti hanyalah sebuah bisnis akal-akalan saja.

BISNIS ONLINE YANG BAIK ADALAH :

Didukung oleh sebuah provider bisnis yang besar dan kuat manajemennya, bukan hanya oleh seorang pe nyelenggara saja. (ini banyak ditemui dalam bisnis online di Indonesia, yang setelah diselusuri keatas, hanya menemukan seorang atau beberapa orang penyelenggara utama yang sebenarnya tidak memiliki bisnis apapun selain menjual sistem secara berantai.

Sistem bisnisnya jelas, ada produk dan didukung tool serta server yang besar dan kuat.

Komunikasi bisa dilakukan sampai tingkat manajemen tertinggi, bukan hanya berhenti pada sponsor (pengajak) atau uplinenya saja.

Memiliki jaringan bisnis yang luas serta nyata.

Memiliki website yang besar dan komplit mulai dari informasi tentang bisnis tersebut sampai peralatan pengembangan bisnis oleh para membernya

Memiliki sistem pembayaran yang transparan dan menyediakan alat dan cara pembayaran komplit sehingga bisa dilakukan oleh para member dengan kondisi tempatnya berada. Banyak bisnis online yang diikuti oleh orang Indonesia yang akhirnya stag karena sistem pembayarannya sulit dilakukan dari dan ke Indonesia.

Manajemen induk bisnis tersebut benar-benar memperhitungkan Indonesia sebagai lokasi calon member. Banyak Bisnis Online yang sebenarnya tidak memberi kesempatan bagi member In donesia yang mengakibatkan member Indonesia a khirnya terkendala ditengah perjalanan bisnisnya.

SFI Affiliate Center

Strong Future International (SFI) adalah sebuah bisnis affiliasi yang didirikan oleh Gery Carson, seorang enterpreneur sukses dari USA. Berpusat di Lincoln Nebraska, Amerika, 
SFI memiliki anak perusahaan bernama Tripleclicks, sebuah Superstore yang merchannya tersebar di 190 negara. Produk listingnya lebih dari 20.000 item. SFI dalam pengembangan bisnisnya dilengkapi dengan teknik marketing yang komplit dan canggih. melalui divisi EyeEarn. Sponsoring di Nascar Racing, dan tergabung dalam Organisasi Online Bisnis dunia (BBB),

membernya tersebar di seluruh dunia. Bisnis SFI dilengkapi dengan beberapa website didukung server yang kuat. Tool pengembangan bisnis bagi para membernya dirancang untuk mempermudah membernya dalam mengembangkan keanggotaan bisnisnya dalam SFI. SFI memiliki perhatian khusus pada member-member dari negara asia, termasuk Indonesia, sehingga para member Asia tersebut benar-benar memiliki kesempatan berkembang yang tidak terbatas. Komunikasi langsung yang transparan antara member, sponsor, upline dan manajemen SFI menunjukkan keseriusan bisnis ini untuk memberikan kesempatan para membernya untuk terus berkembang tanpa batas. Sistem dan mekanisme penerimaan pembayaran kepada anggota sangat beragam sehingga tidak ada satu member dari negara manapun terkendala dalam masalah ini.

SFI tidak menjanjikan cepat kaya seperti halnya bisnis online lain, namun memberi kesempatan dan gaiden step by step bagi para member untuk membangun pondasi yang kuat dan jaringan yang luas dalam menjalankan bisnisnya, ini yang akan menjadi kunci penghasilan yang tak terbatas dan terus menerus meskipun member tersebut tidak aktif lagi.

Bagaimana SFI memberikan penghasilan kepada member

Bisnis SFI lebih mirip dengan bisnis MLM meskipun ada perbedaan mendasar daripadanya. Bisnis yang riil, yang benar-benar memberikan hasil dalam jumlah besar dan terus menerus harus memiliki dua komponen utama : Produk yang riil dan Jaringan Market. Banyak bisnis online ditawarkan dengan iming-iming cepat mendapatkan hasil besar dan tidak perlu mengerjakan apapun atau bisa dikerjakan dengan sangat mudah dan cepat. Secara logika, kita pasti tau,hal ini adalah nonsens. Penghasilan harus diujudkan dari merubah satu bentuk energi menjadi uang. Sebagai contoh, gaji seorang pegawai. Gaji ini diperolehnya dari memberikan keahlian dan waktunya kepada perusahaan. Perusahan mengubah sebuah produk baik barang atau jasa dalam bentuk penghasilan atau uang yang sebagian di bagikan kepada pegawainya dalam bentuk gaji dan tambahan lain (bonus, tunjangan, insentif dll). Pedagang, mendapatkan penghasilannya dari memindahkan sebuah produk dari lokasi sumber produk (produsen) ke tempat pembeli. Produsen mendapatkan penghasilannya dari merubah bentuk bahan baku menjadi bahan setengan jadi atau bahan jadi, yang kemudian dijual kepada pihak lain. Penjual jasa, mendapatkan penghasilannya dari memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain (transportasi), atau merubah keadaan satu kekeadaan lain (lawyer, konsultan dsb). Jadi bisnis harus selalu berhubungan dengan produk dan market. Produk bisa produk fisik maupun non fisik. Dalam bisnis online SFI, market dibentuk dalam jaringan dan listing, ini terlihat sebagai member, calon member, serta peminat produk yang ditawari oleh member, manajemen serta system. Salah satu ciri utama dari bisnis online yang menggunakan jaringan internet yang bisa diakses siapa saja diseluruh dunia bisa memang bisa bekerja sendiri dalam memperluas market dan listing. Sistem ini pula yang membantu para member untuk memperluas jaringan serta penawaran kepada market atas produknya. Dengan sistem yang dirancang sangat baik ini, memberikan kesempatan bagi member yang tidak mengerti atau tidak punya kemampuan "berdagang" menjadi sangat mudah melakukan pekerjaan tersebut,karena semuanya dikerjakan oleh sistem, member tinggal menggunakannya melalui komputer dan internet yang semua pekerjaan itu bisa dilakukan tanpa meninggalkan meja kerjanya di manapun dia berada asal ada komputer dan sambungan internet. Dengan membentuk jaringan, seorang member yang sama sekali tidak mampuberjualan sekalipun tetap bisa mendapatkan penghasilannya, dari residual income, yakni pembagian komisi dari para downlinenya yang mampu berjualan dan ini akan terus memberikan penghasilan selama downlinenya masih bekerja, sehingga membentuk jaringan adalah bagian utama yang harus terus dikerjakan. Penghasilan akan jauh lebih tinggi lagiapabila seorang member mampu membentuk jaringan sekalipun menjual produk. Untuk kedua hal tersebut SFI menyediakan perangkat komplit dan bantuan yang terus menerus baik secara online ataupun offline. 


Sistem jaringan dan komisi SFI-Tripleclicks
Melihat jaringan diatas kita melihat bahwa itu jaringan MLM. Ya. Bisnis Online di Internet hapir tidak ada yang tidak menggunakan sitem seperti ini. Karena kunci utama bisnis online adalah pembentukan jaringan. Meskipun saat ini jaringan MLM tersebut di bungkus dengan istilah Refferal atau affiliasi. Bisnis MLM kadang dihindari karena : selama ini penyelenggara bisnis MLM hanya menjual barang milik penyelenggara, sehingga keuntungan terbesar hanya dinikmati penyelenggara saja. SFI memiliki perbedaan mendasar dari itu. SFI membuka marketnya dengan produk dari para member sendiri maupun dari merchan luar. Seorang member bisa ikut melisting dan menjual produknya sendiri di dalam jaringannya, member lain membantunya dengan berbagi komisi. Dengan adanya kesempatan tersebut, member lain yang tidak memiliki produkpun memiliki kesempatan lebih luas atas produk yang akan dibantunya dalam menjual. Menjual sering menjadi momok tersendiri bagi para peminat bisnis online yang merasa tidak memiliki kemampuan menjual. Namun dalam SFI hal itu tidak diperlukan, yang diperlukan adalah WAKTU untuk mengerjakan segala metode yang sudah disediakan olef SFI dalam websitenya, dimana setiap member memiliki URL uniknya masing-masing.

Menjadi member dan cara kerja SFI

Menjadi member di SFI sangat mudah yakni dengan Sign Up melalui seorang member yang mensponsorinya. Seorang sponsor akan memberikan sebuah link/tautan kepada calon member untuk sign up. Seandainya seseorang mendaftar langsung ke website SFI pada akhirnya akan diberikan kepada salah seorang member untuk menjadi sponsornya. Sistem ini yang memberikan kesempatan pada seorang member untuk mendapatkan dowline gratis, tanpa dia merekrutnya, dan ini terjadi dalam sitem spil over, dimana seorang member yang memiliki tingkat tertentu karena memiliki nilai atau point yang disebut Versa Point (VP) dengan jumlah tertentu akan mendapatkan "bonus" downline dari management SFI. VP diperoleh seorang member secaar umum dengan mengikuti dan menjalankan arahan Manajemen dalam mempelajari bisnis SFI ini yang sudah dituangkan secara komplit dalam websitenya. Bulan pertama kegiatan utama seorang member adalah "belajar" tentang sistem kerja dan penggunaan peralatan kerja yang sudah disediakan dalam website. Selama sebulan ini seorang member baru yang masih buta akan bisnis SFI akan mendapat bimbingan dari manjemen dan sistem SFI dibantu oleh para sponsor. Jadi akan lebih mudah menjalankan bisnis SFI ini bila sign up melalui sponsor dibanding mendaftar sendiri ke SFI, karena sponsor ini akan terus membimbing dan mengarahkan langkah-langkah apa yang perlu diambil dalam menjalankan bisnis SFI pada awal-awalnya. Akan sangat bagus apabila selama belajar itupun member tersebut bisa merekrut dowline baru. Upline member tersebut akan dengan senang hati membantu member baru tersebut membimbing deowline barunya. Lebih bagus lagi, disamping bisa merekrut downline, seorang member baru mampu pula menjual produk yang sudah listing (terdaftar) di SFI melalui Tripleclicks Superstore, dalam hal ini member tersebut akan mulai mendapatkan penghasilannya jauh lebih cepat. Lagi-lagi dalam masalah menjual inipun member tinggal menggunakan peralatan dan media yang sudah disediakan. Untuk membantu mempercepat bisnis membernya, SFI mengadakan kegitan-kegiatan penunjang yang bisa dipergunakan oleh para member tersebut dalam suatu cara dan sistem yang sudah disediakan. Kegiatan SFI tersebut antara lain : pensponsoran di NASCAR Racing, Iklan di kaos, sticker mobil, Co-op Building, Clicksbug, dsb yang kegiatan ini dimasukkan dalam kelompok kerja/usaha Eyeearn.


TUNGGU APA LAGI DAFTAR SEKARANG.... KLIK DISINI UNTUK DAFTAR

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Total Pageviews

Popular Post

Labels

- Copyright © INFO FROM EGAMA -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -